Gaji PNS 2011 Naik 10 Persen | Ayo Rame-Rame Daftar PNS

Rendahnya kesejahteraan PNS menjadi perhatian pemerintah karena sangat mempengaruhi kinerja dari para PNS itu sendiri. Pemerintah mengharapkan pada tahun 2011 gaji terendah PNS adalah 5 juta rupiah. Maka dari itu pemerintah melaksanakan program renumerasi di beberapa instansi dan departemen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah akan menaikkan gaji PNS setiap tahunnya. Bahkan, untuk tahun 2011 mendatang, pemerintah telah menganggarkan kenaikan gaji PNS sebesar 10 persen. Kenaikan ini juga berlaku untuk anggota TNI dan Polri.

"Tahun 2011 untuk belanja modal terjadi kenaikan signifikan, dari Rp81,6 triliun menjadi Rp127,5 triliun. Nanti alokasinya untuk mengakomodir kenaikan gaji PNS/TNI/Polri. Setiap tahun, akan ada kenaikan gaji sekitar 10 persen. Jadi ini bukan hanya janji politis terkait Pemilihan Presiden, tapi memang sudah menjadi kebijakan pemerintah selama lima tahun ke depan," tegas Sri Mulyani dalam paparannya pada Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2010, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (28/4).

Selain menjanjikan kenaikan gaji, Sri Mulyani juga memastikan bahwa pemerintah tetap akan memberikan gaji ke 13. Selain itu, untuk peningkatan reformasi birokrasi, akan disediakan penyediaan anggaran remunerasi bagi Kementrian dan Kelembagaan yang dinyatakan siap dan lolos verifikasi.

"Reformasi birokrasi bagaimanapun menuntut jaminan kesejahteraan pegawai dan pemerintah akan memenuhi kewajiban tersebut. Selain itu, pada tahun depan (2011), pemerintah pusat akan melakukan perekrutan PNS baru sebanyak 100.000 orang. Kita juga akan terus menjaga kelancaran penyelenggaraan kegiatan operasional dan mendukung program tanggap perubahan iklim," kata Sri Mulyani.

Pada tahun mendatang, pemerintah juga akan menambah anggaran untuk cadangan bantuan sosial sebagai antisipasi dampak bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi."Biasanya, cadangan dana penanggulan bencana setiap tahunnya hanya sekitar Rp2 triliun. Mulai tahun depan akan kita tingkatkan menjadi Rp4 triliun," katanya.

Tahun 2011, Pemerintah kata Sri Mulyani juga masih akan memberikan subsidi kepada masyarakat, terutama subsidi bagi rakyat miskin. "Kita masih memberikan subsidi BBM, elpiji, listrik, pangan, pupuk dan lainnya. Untuk pangan, akan ada 17,5 juta rakyat miskin yang akan mendapatkan subsidi bantuan beras raskin jangka waktu 12 bulan," jelasnya



Related Post:

 
Update