Tingkatkan Penjualan Produk dengan 7 Tips Media Sosial Berikut

Saat pertama kali berpikir tentang media sosial untuk bisnis, mungkin Anda berpikiran pada tiga hal berikut: Satu: "itu membuang-buang waktu", Dua: "Saya tidak punya banyak waktu untuk hal itu", Tiga: "tidak ada pelanggan saya disana". Namun, itu salah besar. Media sosial adalah sesuatu yang vital untuk bisnis Anda. Mereka dapat menegaskan keberadaan merk Anda juga menumbuhkan keuntungan finansial Anda.


Menurut Grant Cardone, New York Times best-selling author, tiga tahun lalu dia juga berpikiran sama. Tapi, saat ini, perusahaannya memiliki video Youtube yang telah ditonton lebih dari 5 juta tayangan, 300.000 Facebook fan, dan 275.000 follower aktif di Twitter. Seperti Anda juga, dia memulainya tanpa follower sama sekali dan kepercayaan yang kecil dalam platform media sosial tersebut.

Agar Anda bisa memanfaatkan Media Sosial untuk keuntungan bisnis, ada 7 hal yang perlu Anda lakukan menurut Grant:

1. Mulai. Hal paling penting untuk dilakukan adalah dengan memulai. Segera. Anda tidak perlu mempelajari banyak hal untuk melakukan ini. Buatlah akun, dan buat komitmen untuk memposting konten. Itu saja! Tidak ada yang akan terjadi tanpa ada start awal. Terdapat milyaran orang di dunia yang menggunakan media sosial, dan itulah alasan terbesar mengapa Anda perlu menggunakan media sosial.

2. Seringlah mengirim posting dan teruslah mengirim posting. Di luar sana, ada beberapa "pakar" yang berusaha untuk tidak memposting konten terlalu sering. Mereka berpikir jika terlalu mengirim posting, maka orang-orang akan berhenti mengikuti mereka. Namun, jika Anda baru memulai kampanye di media sosial, pasti Anda tidak memiliki follower. Satu-satunya cara memperoleh perhatian adalah dengan mengirim banyak posting. Jika ada seseorang yang berhenti mengikuti akun Anda karena merasa posting Anda terlalu sering, maka dia bukanlah pangsa pasar Anda dan tidak akan membeli sesuatu yang Anda tawarkan. Sebaliknya, jika tidak ada orang yang protes karena Anda mengirim terlalu banyak posting, itu berarti posting Anda masih belum cukup banyak. Dalam waktu tiga tahun, Grant mengirim lebih dari 1200 video Youtube, salah satu media sosial yang menurutnya paling efektif. Berarti, hampir 400 video yang ia terbitkan dalam satu tahun.

3. Jadilah "Pakar" selebriti di dunia Anda. Kirimkan konten yang membuat Anda terlihat sebagai "pakar" di bidang Anda. Sediakan informasi dari pengetahuan Anda, layanan, atau produk yang Anda tawarkan. Berilah tips dan wawasan tentang "bagaimana cara...", "apa yang perlu dihindari", "bagaimana agar lebih baik", "bagaimana cara memilih yang terbaik", "bagaimana cara memperbaiki", dan "tahukah Anda". Jika toko online Anda menjual laptop, kirim posting yang membahas cara memilih laptop, review berbagai merk laptop, cara memelihara laptop agar selalu berada kondisi prima, dll.

4. Targetkan dunia ini sebagai sasaran Anda. Tidak seperti proses marketing tradisional, media sosial bisa menggapai seluruh belahan dunia. Sejak awal, Anda tentu ingin mendapat perhatian dari siapapun. Mungkin Anda mendapat follower di Cina dan India yang tidak akan membeli produk yang Anda tawarkan, tapi mungkin saja mereka akan meng-share konten Anda dengan follower mereka dari Indonesia, yang bisa menjadi klien Anda. Siapa tahu? Pahamilah bahwa sejak awal siapapun bisa melihat konten Anda dan terinspirasi untuk melakukan sesuatu setelah membaca tulisan Anda.

5. Buatlah konten yang bervariasi. Gunakan setiap bentuk konten yang bisa Anda lakukan, baik berupa artikel, kutipan, foto, video. Content sharing adalah cara termudah untuk mendapatkan follower lebih cepat. Selain itu, jika Anda juga share posting milik web kompetitor Anda dan memberi mereka kredit atau pujian, Anda berpotensi mendapatkan follower dari orang-orang yang mengikuti kompetitor Anda.

6. Gunakan aturan 80/20. Delapan puluh persen konten seharusnya berisi informasi, bukan media promosi. Sejak awal, Anda bahkan bisa membagi konten menjadi 95/5, dengan 95 persen informasi dan 5 persen promosi. Tidak akan ada yang datang berkunjung dan mengikuti Anda jika Anda mengirim konten yang melulu berisi promosi, dan selama Anda bisa terus memperoleh follower, Anda masih memiliki peluang untuk mempromosikan produk Anda dengan cara lainnya.

7. Jangan mewakilkan. Tidak peduli seberapa penting posisi Anda, atau seberapa sibuk jadwal Anda, Anda harus menjadi pengelola akun media sosial. Grant memiliki tiga perusahaan dan masih memiliki waktu untuk mengirim posting harian karena dia tahu kekuatan media sosial. Dia juga didukung oleh berbagai staf muda yang ahli di bidang promosi, tapi tidak ada seorangpun dari mereka yang lebih mengerti bisnis Grant melebihi dirinya sendiri. Mereka membantu membuat dan menyebarkan konten promosi, "tapi suara saya adalah milik saya sendiri". Anda harus menjadi otentik. Jadilah diri sendiri saat terjun di media sosial. Dan tahukah Anda? Banyak perusahaan yang melupakan faktor penting ini.

Tidak peduli siapa Anda, berapa umur Anda dan apa yang Anda lakukan, media sosial bisa memberi dampak luar biasa untuk bisnis dan merk Anda. Tentu, itu tidak bisa datang begitu saja. Hal pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah mulai serius terjun di media sosial tanpa menunda-nunda lagi!



Related Post:

 
Update