Persiapan Ramadhan Buat Anak Kost

Sebagian Muslim hari ini ada yg sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan sebagian yg lain besok baru memulainya! Pastinya readers semua sudah siap-siap untuk menjalankan ibadah puasa tahun ini. Lalu, bagaiimana dengan nasib readers yang ngekost? Wah pastinya ribet ya ngekost pas Ramadhan. Biasanya kalau di rumah kan ada Ibu yang bangunin pas saur, menyiapkan makanan buat saur, dan masak makanan buat berbuka puasa. Kalau ngekost? Nah kan, semuanya harus dilakukan sendiri. Pusing nggak readers?

Buat kamu yang ngekost, mendingan kamu lakukan beberapa persiapan dulu biar bisa bertahan hidup sendirian pada saat bulan puasa. Kalau kamu nggak melakukan persiapan, bisa2 berantakan nanti puasa kamu. Yang ada kamu malahan tumbang pas siang bolong. Jadi, apa saja sih yg harus dipersiapkan?

Pertama-tama, kamu harus survey lokasi mesjid dulu. Lho buat apa? Kamu tahu kan kalau pas bulan Ramadhan, mesjid biasanya menyediakan makanan berbuka puasa (ta’jil) gratis. Penting ini, apalagi buat anak kost kayak kamu. Kamu bisa menghemat banyak uang dengan adanya ta’jil gratis ini. Udah gitu, setelah makan ta’jil juga kamu bisa langsung melaksanakan sholat maghrib dan dilanjutkan dengan isya dan tarawih. Selain mesjid, kamu juga bisa menemukan ta’jil gratis di tempat lain, seperti di pusat perbelanjaan/mall terdekat, jamgam cari yg jauh ya, hemat di ongkos itu penting hehehehehe.

Setelah menemukan tempat ta’jil gratis, readers juga wajib menyediakan persediaan makanan di kamar kost kamu. Hal ini sangat berguna khususnya untuk makan sahur. Beli saja makanan yang mudah untuk dimasak dan dikonsumsi, seperti mie instan atau roti. Kalau mau yang lebih kenyang, kamu juga bisa pergi ke warteg terdekat kamar kost yang biasanya buka melayani anak-anak kost yang ingin makan sahur, kalau terpaksa ga ada duit pasang aja tampang memelas ke pemilik warteg agar bisa ngutang dulu. Jangan lupa pasang alarm di haPe atau jam weker kamu ya biar kamu nggak telat bangun sahurnya!

Ta’jil sudah, sahur sudah, apalagi ya? Nah ini yang paling penting. Sediain waktu untuk memperbanyak amal ibadah. Beribadah di bulan Ramadhan itu pahalanya berkali-kali lipat. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan waktu kamu untuk hal yang sia-sia. Rajin-rajinlah sholat 5 waktu, membaca Al-Qur’an, dan tidak lupa untuk sholat tarawih. Syukur alhamdulillah jika kebiasaan positif di bulan Ramadhan tersebut bisa terbawa seterusnya setelah bulan Ramadhan selesai. Jangan lupa juga sediakan alat-alat sholat seperti mukena, peci, dan sandal jepit untuk pergi ke mesjid/musholla terdekat.



Related Post:

 
Update